Lomba Keterampilan Anak Berkebutuhan Khusus, Digelar secara Daring

Share

DIDIKPOS.COM – Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Puspresnas Kemendikbud) menyelenggarakan Lomba Keterampilan Siswa Nasional Anak Berkebutuhan Khusus (LKSN- ABK). Pendaftaran Lomba yang digelar secara daring (dalam jaringan) itu mulai 27 September sampai 2 Oktober 2020.

Kendati lomba dilaksanakan dari rumah karena pandemi Covid-19, Kemendikbud juga ingin seluruh mekanisme pelaksanaannya tetap mengikuti aturan pemerintah.

“Peserta yang berada di zona hijau juga harus mengikuti kompetisi dari rumah, dengan pertimbangan bahwa perubahan status zona dianggap sangat dinamis sehingga dapat menyulitkan pelaksanaan manakala persiapan-persiapan yang telah berjalan harus berubah karena perubahan status zona,” jelas penyelenggara lomba, dikutip dari laman Kemendikbud.

Berikut beberapa ketentuan untuk peserta yang hendak mengikuti lomba:

1) Peserta didik dari Satuan Pendidikan Khusus (SLB/SKh) serta memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

2) Berada pada jenjang SMPLB/SMALB juara tingkat provinsi 2020 hasil seleksi atau ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.

3) Penyandang disabilitas rungu (B)/grahita (C)/daksa (D)/autis.

4) Terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

5) Belum pernah menjadi juara satu pada cabang yang sama dalam LKSN ABK pada tahun sebelumnya.

6) Lahir setelah tanggal 1 Juni Tahun 1997.

7) Melaksanakan registrasi lomba akan diikutsertakan pada tes keabsahan.

Cabang dan penghargaan lomba

Kemendikbud menyelenggarakan 9 cabang lomba untuk penyandang disabilitas rungu, grahita, daksa, dan autis yang berada pada jenjang SMPLB/SMALB.

Penilaian akan berasal dari karya dan video yang dikirimkan peserta.

Sembilan cabang perlombaan yang dibuka:

1) Membatik
2) Kriya Kayu
3) Tata Boga
4) Kecantikan
5) Merangkai Bunga
6) Menjahit
7) Teknologi Informasi
8) Hantaran
9) Kreasi Barang Bekas

Setelah penilaian, panitia akan memilih juara I, juara II, juara III, juara harapan I, juara harapan II, dan juara harapan III pada tiap-tiap lomba.

“Pendaftaran dibuka mulai 27 September sampai 2 Oktober 2020 melalui aplikasi lomba Pendidikan Khusus Pusat Prestasi Nasional,” jelas Kemendikbud dalam akun Instagramnya, Selasa (22/9/2020).

Informasi lengkap dapat diakses melalui: https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/2020/09/16/petunjuk-teknis-lksn-abk-tingkat-nasional-secara-daring-tahun-2020/

(des)***