Nadiem Kenang Malik Fadjar sebagai Sosok Humanis, Muhadjir: Itu Mentor Saya

oleh -365 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim berduka cita atas wafatnya mantan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Abdul Malik Fadjar. Mendiknas era Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarno Putri itu wafat, Senin (7/9/2020).

Menurut Nadiem, sosok Malik Fadjar adalah sosok yang memberikan banyak inspirasi.

“Innalillahiwainnaillaihirojiun. Mewakili keluarga besar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, saya menyampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya Bapak Prof. Abdul Malik Fajar. InsyaAllah amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT,” kata Nadiem Makarim dalam keterangannya pada Senin (8/9/2020), dikutip Detikcom.

Nadiem Makarim juga mengenang Malik Fadjar sebagai sosok yang memberi banyak pembelajaran ke masyarakat. Khususnya, pembelajaran tentang pendekatan humanis, demokratis, dan memberikan kebebasan hak azasi manusia dalam pendidikan.

“Beliau adalah sosok yang memberikan banyak inspirasi dan pembelajaran bagi kita semua, termasuk tentang pendekatan humanis, demokratis, dan memberikan kebebasan hak asasi manusia dalam pendidikan. Selamat jalan pahlawan dan guru bangsa,” ujar Nadiem.

Sementara Menko PMK dan mantan Mendikbud era Kabinet Kerja, Muhadjir Effendy, mengaku mengenal baik Malik Fadjar karena hubungannya telah terjalin semenjak di Persyarikatan Muhammadiyah. Selain sebagai senior, bagi Muhadjir, Abdul Malik telah menjadi mentor dalam kariernya di pemerintahan.

“Saya mengenal baik Prof Malik. Beliau adalah tokoh senior yang telah lama berkiprah di Muhammadiyah. Beliau juga ikut andil dalam pemerintahan, pendahulu saya sebagai Mendiknas dan Menko Kesra. Saya banyak belajar dari kiprah kepemimpinan beliau,” katanya.

“Saya amat merasa kehilangan. Semoga beliau ditempatkan di sisi Allah Subhanahu Wata’ala di tempat yang terbaik,” sambungnya. (des)***

No More Posts Available.

No more pages to load.