Wikipedian PGRI Diapresiasi Wikimedia Internasional

oleh -324 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Kiprah Wikipedian dari PB Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd. yang juga Ketua Departemen Litbang Masyarakat PB PGRI, diapresiasi Wikimedia Internasional yang berpusat di San Fransisco USA.

Apresiasi dari Wikimedia Internasional ini terlihat lewat dimuatnya profil Catur Nurrochman Oktavian dalam featured education community member di outreach.wikimedia.org Edisi bulan September 2020.

Hal ini tak lepas dari usaha gigih Catur sebagai aktivis literasi PGRI menjalin kerja sama dengan Wikimedia Indonesia. Catur sebagai Wikipedian mengajak para guru menulis artikel dan menerbitkan di Wikipedia bahasa Indonesia.

Catur merupakan Wikipedian aktif yang memprakarsai dan terlibat dalam pelatihan Wikipedia bagi Guru Indonesia.

“Saya mengenal Wikipedia dan ditugaskan PGRI untuk menjalin kerja sama bersama Wikimedia Indonesia pada tahun 2019. Meski terbilang baru, namun semangat saya untuk terus mendorong guru penulis berkontribusi di Wikipedia tak pernah surut,” kata Catur, Kamis (24/9/2020).

Sebagai fasilitator, Catur tak segan berbagi ilmu seputar menulis kepada ratusan guru yang mengikuti Pelatihan Wikipedia untuk guru ini.

Berbagai pelatihan menulis digelar di beberapa daerah di Indonesia, di antaranya Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Lampung, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah.

“Banyak artikel baru yang ditulis oleh para guru yang mengikuti pelatihan tersebut. Program pelatihan bagi guru ini memungkinkan Wikimedia Indonesia memperkenalkan Wikipedia kepada para guru, mulai dari cara kerja Wikipedia, cara berkontribusi, dan cara memanfaatkan Wikipedia dalam menyelenggarakan kegiatan belajar-mengajar,” terangnya.

Tidak hanya itu, semua guru ini juga termotivasi untuk membagikan ilmunya dengan berkontribusi di Wikipedia. Upaya Catur mengajak rekan-rekan gurunya untuk berkontribusi menulis di Wikipedia membuka peluang baru bagi Wikipedia untuk lebih dikenal oleh para guru, atau pendidik pada umumnya di Indonesia.

Salah satu mitra pelatihan Guru menulis Wikipedia asal Lampung, Berta Niken D, S.Pd.SD., M.Pd., berharap, semoga dengan prestasi Catur Nurrochman ini dapat menjadi teladan bagi penulis lainya untuk produktif dan aktif dalam kegiatan menulis.

“Pelatihan menulis di Wikipedia bahasa Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas artikel yang ada di Wikipedia, memungkinkan Wikipedia untuk menjadi media digital belajar-mengajar, dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya di bidang pendidikan,” pungkas Catur. (des)***

No More Posts Available.

No more pages to load.