LKS SMK Tingkat Nasional 2020: Jabar Raih 4 Emas, 3 Perak, 8 Perunggu

Share

DIDIKPOS.COM – Jawa Barat meraih empat emas, tiga perak, dan delapan perunggu dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional 2020 yang digelar secara daring pada 18-23 Oktober 2020.

Dalam ajang yang digelar yang digelar Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ((Puspresnas Kemendikbud) ini juara umum Jawa diduduki Jawa Tengah yang meraih sembilan medali emas, sepuluh medali perak, dan tujuh medali perunggu.

Juara kedua diraih oleh provinsi Jawa Timur dengan raihan sembilan medali emas, enam medali perak, dan empat medali perunggu.

Selanjutnya, juara ketiga diraih oleh Provinsi DKI Jakarta dengan perolehan delapan medali emas, tiga medali perak, dan sembilan medali perunggu.

Para pemenang dan peraih medali LKS SMK Tingkat Nasional 2020 telah resmi diumumkan pada Malam Apresisasi dan Penghargaan, Jumat (23/10/2020).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi, mengatakan, LKS SMK tahun ini terdapat 48 kompetensi keahlian yang dilombakan dengan 932 peserta dari 533 sekolah dari 34 provinsi.

Setiap bidang lomba ditetapkan 3 peringkat kejuaraan (emas, perak, dan perunggu) serta medali superior yang diberikan kepada peserta yang memperoleh nilai di atas standar CIS yaitu skala 700.

“Terdapat 42 peraih medali emas, 42 peraih medali perak, dan 42 peraih medali perunggu dan 297 peraih medaile for excellence. Selain itu kami juga memberikan penghargaan-penghargaan khusus,” tandasnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto, menuturkan, ajang LKS SMK tingkat Nasional 2020 ini jangan dimaknai sekadar kompetisi tahunan.

“Menjadi juara, adalah satu hal, sementara menjadi merdeka untuk lebih mandiri dalam belajar dan berkarya adalah hal lain yang bisa menciptakan multiplikasi peluang perubahan besar untuk terjadi. Spirit perlombaan ini, senantiasa menjiwai adik-adik supaya tetap memberikan performa dan karya terbaik, baik di sekolah, di rumah, di tempat kerja, dan di masyarakat,” tambahnya.

Seluruh juara pada ajang ini akan mendapatkan penghargaan, beasiswa dan hadiah menarik dari berbagai dunia industri, di antaranya dari Djarum Foundation, Amazon Web Service, PT. Astra Otopart, Tbk., dan PT. Kawan Lama.

Selanjutnya, para juara LKS SMK 2020 akan diiikutkan dalam seleksi kompetisi internasional mewakili Indonesia dalam Asean Skill Competition, World Skill Asia dan World Skill Competition.

Berikut peraih medali asal Jabar pada LKS SMK 2020:

Medali Emas

1) Electronics: Fikhi Akmal (SMK Negeri 1 Cimahi)

2) Teknologi Kecerdasan Buatan: Yusuf Ischak Maulana dan Yusuf Hafid
Alfiansyah (SMK Negeri 1 Cimahi)

3) Pengolahan Pangan: Muhammad Hapid (SMK Negeri 1 Pacet)

4) Teknik Distribusi Telekomunikasi (Afdal Zaki Asshiddiq (SMK Negeri 1 Cimahi)

Medali Perak

1) Teknik Perawatan dan Perbaikan Sepeda Motor: Andika Naufal Puku (SMKN 8 Bandung).

2) Sistem Kemanan Perusahaan: Raysan Sanja Dikara (SMKN 1 Cimahi)

3) Electrical Installation: Rudi Rudi (SMKn 6 Bandung)

Medali Perunggu

1) Pemasaran Daring: Natia Puspita (SMK Wikrama Bogor)

2) Web Technologie: Rafi Septian Hadi (SMKN 1 Subang)

3) CNC Miling: Ryan Setiawan (SMKN 2 Bandung)

4) Mechanical Engineering CAD: Wendi (SMKN 2 Cimahi)

5) Nautika: Sanjaya (SMKN 2 Subang)

6) Industri Pariwisata: Annisa Anti Rahmadanti (SMKN 9 Bandung)

7) Plastic Die Engineering: Ganesa Yuda Nugraha (SMKN 6 Bandung)

8) Fashion Technology: Arza Kirana Viba Widati (SMKN 2 Purwakarta)

(haf)***