Maulid Nabi Muhammad SAW, Pemkab Pangandaran Gelar Doa dan Dzikir Bersama

Share

DIDIKPOS.COM – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tingkat Kabupaten Pangandaran digelar di Aula Setda Kabupaten Pangandaran, Kamis (22/10/2020).

Acara ini dihadiri Pjs Bupati Pangandaran Dr. H Dani Ramdhan, M.T., Kepala SKPD se-Kabupaten Pangandaran, dan Ketua MUI Kabupaten Pangandaran KH Otong Aminudin

Kekhusuan sangat terasa saat dibacakan doa dan sholawat yang dipimpin oleh Ketua MUI Kabupaten Pangandaran.

Pada hari yang sama, Pjs. Bupati Pangandaran, Dani Ramdan, memimpin upacara peringatan Hari Santri Tahun 2020, di Halaman Kantor Bupati Pangandaran.

“Hari ini kita memperingati Hari Santri Nasional, sebuah peristiwa yang sangat penting dan bersejarah bagi bangsa Indonesia. Sejarah mencatat bahwa di masa revolusi kemerdekaan para santri telah mewakafkan hidupnya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan mewujudkan cita-cita Kemerdekaan,” tutur Dani saat menyampaikan sambutan.

Ia mengungkapkan, Hari Santri Nasional merupakan sebuah peristiwa sejarah yang sangat penting untuk mewujudkan cita-cita Kemerdekaan Indonesia.

Dengan penetapan Hari Santri Nasional, lanjutnya, diharapkan dapat memperkuat jiwa religius keislaman dan nasionalisme kebangsaan.

“Penetapan Hari Santri Nasional dimaksudkan agar kita semua selalu ingat untuk meneladani semangat jihad para pendahulu kita, semangat kebangsaan, semangat cinta Tanah Air, semangat rela berkorban untuk bangsa dan bernegara,” harapnya.

Dalam peringatan Hari Santri ini, Dani menyerukan program Ayo Mondok. Program ini dicanangkan untuk memperkuat kembali eksistensi pesantren. Sebab, pesantren sebagai lembaga pendidikan yang terkuat di seluruh Indonesia telah banyak memberikan kontribusi untuk Indonesia.

“Melihat peran santri yang sangat besar bagi kemerdekaan dan kelangsungan Negara Republik Indonesia maupun di era pembangunan saat ini, kami mengajak kepada seluruh bangsa Indonesia untuk turut serta berpartisipasi dan berbondong-bondong mensukseskan program Ayo Mondok,” ajaknya.

Ditambahkannya, Hari Santri menjadi momentum kebangkitan para santri.

“Selamat Hari Santri Nasional 22 Oktober 2020 semoga menjadi momentum untuk kebangkitan para santri dalam berbakti dan ikhlas mengabdi untuk Indonesia tercinta,” pungkasnya. (des)***