Hantu

Share

Oleh Faika Muhammad Aulia

DULU, anak-anak kelahiran 1999 ke bawah pasti pernah dengar cerita mistis soal hantu. Kalong Wewe misalnya di Jawa Barat. Kalau ada anak yang main selepas magrib, pasti diancam diculik kalong wewe. Niatnya tentu saja bikin anak-anak takut dan tidak keluyuran sesudah magrib, diam di rumah, ngaji. Mungkin juga daerah lain punya hantunya masing-masing dengan kekhasan masing-masing.

Hanya saja, yang namanya hantu ya hantu, tak kasat mata, tak masuk akal alias tak pernah ada, materialisme bilang demikian. Ilmu alam bilang, hantu itu bohong. Ilmu sosial bilang cuman kepercayaan, bahkan sebagian menulis hantu sebagai alat menakuti, wujudnya nol.

Paling banter agama bilang ada, tapi bukan hantu, agama percaya jin yang ghaib. Hantu apa bisa masuk klasifikasi jin?

Pikiran ini juga yang bikin banyak kaum terdidik sepakat, hantu tidak ada! Cuman buat nakutin saja, itupun di daerah perkampungan desa, masyarakat kota lebih takut sama polisi dan cicilan kredit yang menumpuk.

Namun, dewasa ini ternyata ada hantu baru, bahkan menjangkit warga kota. Kalau hantu macam Kalong Wewe tadi dianggap tidak rasional, ada hantu jenis baru, namanya hantu sosial. Misalnya, hantu gengsi. Takut disebut enggak kaya, takut disebut enggak up to date. Merasa terancam kalo bajunya enggak kelihatan mewah. “Gengsi dong masa suami direktur baju jelek,” kata ibu-ibu sosialita. Padahal, apa urusannya baju murah sama suami direktur.

Ada juga hantu ‘soleh’, takut dibilang gak soleh, enggak alim sama tetangga. Sangking takut dianggap tidak alim, dia kafirin orang lain, mungkin biar yang gak kafir tinggal dia, yang soleh tinggal dia, jadi enggak perlu takut disebut gak alim.

Kalau hantu sosial di ranah politik ada PKI. Partainya udah bubar, ideologinya udah enggak laku, tetep aja takut.

Sayangnya, dalam hantu sosial ini tidak ada Hantu Amanah. Tidak amanah jadi pejabat misalnya ya santai aja. Toh taun depan masih bisa dicoblos lagi. Kalo ditangkap KPK, minta banding aja. Kalau kalah, tinggal senyum terus bilang “saya khilaf,” atau “saya didzolimi” dan sebagainya. Pedahal, kalo dipikir, hantu macam begini yang dibutuhin.***

Penulis adalah Guru Sejarah.