Kemendikbudristek Rilis ARKAS 4, BOS Semakin Transparan

Mendikbudristek saat merilis platform ARKAS 4 secara daring melalui kanal Youtube.
Share

Didikpos.com – Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi merilis secara nasional Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) versi 4. Melalui platform ARKAS, transparansi dan akuntabilitas penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) semakin terjamin.

Pencapaian penggunaan platform ARKAS saat ini mencapai 99,5%. ARKAS merupakan sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana BOS di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional.

Menteri Dikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, mengajak Kepala Dinas Pendidikan dan juga Kepala Sekolah untuk berpartisipasi dalam menggunakan ARKAS versi 4. “Saya mengharapkan partisipasi Ibu dan Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan juga Kepala Sekolah untuk menggunakan ARKAS versi 4 yang kami luncurkan hari ini. Mari kita terus tingkatkan kualitas tata kelola pendidikan dengan ARKAS dan bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar,” ujarnya di sela acara perilisan ARKAS 4 yang dilaksanakan secara daring melalui kanal YouTube Kemendikbudristek RI, Rabu 7 Agustus 2023.

Respons positif dirilisnya ARKAS 4 pun mengalir dari para Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Sekolah. Kadisdik Kabupaten Gunung Kidul, Sudarno, misalnya, mengatakan bahwa dengan adanya platform ARKAS 4 sangat membantu menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat dan lancar.

“Setelah menggunakan ARKAS 4, laporan sekolah semuanya terstandar dari sisi akuntansi, form, referensi, dan yang jelas laporan akhirnya jadi lancar,” jelas Sudarno.

Sutarwiyah, Kepala SMP Negeri 62 Surabaya, merasa hadirnya ARKAS 4 membuat pengelolaan keuangan mulai dari perencanaan, penatausahaan, sampai pada pelaporan akan lebih efektif dan efisien karena adanya fitur yang praktis dan familiar yang membuat kinerja bendahara dan operator lebih efektif, efisien, dan nyaman.

Kadisdik Kabupaten Kutai Kartanegara,Thauhid Afrilian Noor, berharap dengan adanya platform ARKAS 4 dapat membantu kepala satuan pendidikan dan bendahara supaya cepat dan tepat waktu laporannya.
(Acep Mulyana)