Dosen FPBS UPI Aceng Ruhendi Syaifullah Jadi Guru Besar Bidang Ilmu Linguistik Forensik

oleh -840 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Prof. Dr. H.M. Solehuddin, M.A., menyerahkan SK Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen sebagai Guru Besar/Profesor dalam bidang Ilmu Linguistik Forensik kepada Dr. Drs. Aceng Ruhendi Syaifullah, M.Hum.

Acara berlangsung di Ruang rapat Gedung Parter, Kampus UPI jalan Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Senin (14/10/2020).

Prof. Aceng Ruhendi Syaifullah tercatat sebagai dosen tetap pada jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS) UPI. Ia diangkat dalam Jabatan Akademik/Fungsional Dosen sebagai Guru Besar/Profesor dalam bidang Ilmu Linguistik Forensik terhitung sejak tanggal 1 Juli 2020 dengan angka kredit sebesar 850,70.

Rektor UPI, Prof. Solehuddin, menyampaikan apresiasi tinggi atas pencapaian ini.

“Alhamdullilah di tahun ini UPI kembali menambah seorang guru besar. Tentunya prestasi ini akan menjadi kekuatan tersendiri bagi UPI,” katanya, saat menyampaikan sambutan.

Disebutkannya, hingga saat ini jumlah guru besar UPI mencapai 115 orang dari total jumlah dosen. Jumlah tersebut hanya sekitar 11 persen dari total jumlah dosen UPI.

“Sebenarnya, angka tersebut sudah ideal. Tapi saya menargetkan ke depan jumlah guru besar UPI harus 15 persen,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, salah satu kendala belum banyaknya guru besar adalah masih banyak dosen UPI yang belum meraih gelar doktor. Jumlah dosen bergelar doktor baru sekitar 45 persen.

“Untuk mengejar target 15 persen guru besar tersebut perlu upaya strategi antara lain memfasilitasi percepatan dosen yang belum menempuh pendidikan doktor. Sebab, sebelum menjadi guru besar harus sudah lulus doktor,” terangnya.

Prof. Solehuddin berharap kepada guru besar yang baru mengemban amanah sebagai profesor ini dapat mengaplikasikan dan turut berkontribusi positif sesuai dengan keilmuannya masing-masing.

Selain Rektor UPI, penyerahan SK Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen dihadiri pula oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan, Sekretaris Universitas, Ketua dan Sekretaris Dewan Guru Besar, Ketua dan Sekretaris Senat Akademik, Dekan beserta pada Wakil Dekan FPBS, serta Kepala Biro SDM. (des)***

No More Posts Available.

No more pages to load.