Mahasiswa UPI Juara di Kompetisi Bergengsi E-Malaysia Speaking Mind Competition 2020

Share

DIDIKPOS.COM – Tiga Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyabet gelar juara pada E-Malaysia Speaking Mind Competition (e-MSMC) 2020.

Ketiga mahasiswa itu yakni Yohannes (Juara I/FPMIPA) dibimbing oleh Ika Lestari Damayanthi dan Annisa Rahmadani (Dosen Bahasa Inggris FPBS UPI); Muhammad Rafi Anggara (Juara 4/FPTK) dibimbing oleh Dandhi Kuswardhana, Ph.D. (Dosen FPTK UPI); dan Amanah Mutmainah Idris (Juara 9/FPMIPA) dibimbing oleh Ika Lestari Damayanthi dan Annisa Rahmadani.

Dalam siaran pers dari Humas UPI disebutkan, E-Malaysia Speaking Mind Competition (e-MSMC) 2020 adalah kompetisi bergengsi tingkat internasional. Kompetisi ini diselenggarakan pada 20 November 2020 dan merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Universiti Teknologi Mara (UiTM), Negeri Sembilan Branch, Kuala Pilah Kampus, Malaysia.

“Seharusnya kompetisi dilakukan di Malaysia, tetapi mengingat kondisi pandemik Covid-19 yang masih berlangsung, untuk tahun 2020 kompetisi ini dilaksanakan secara daring,” katanya, Kamis (3/12/2020).

Dalam kompetisi ini, lanjutnya, para peserta bersaing menyajikan ringkasan hasil riset yang bertema “Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM)” dalam waktu 3 menit video presentasi. Terdapat 54 video presentasi dari Malaysia, Indonesia, Iraq, dan Vietnam yang berpartisipasi dalam kompetisi ini.

Para peserta merupakan mahasiswa dari jenjang diploma, sarjana, magister, dan juga doktoral. Penyajian hasil riset dalam tiga menit ini dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris dan didukung dengan beberapa slide presentasi.

“Para peserta mengunggah video presentasi masing-masing ke website e-MSMC untuk selanjutnya dilakukan penilaian oleh juri,” terangnya. (des)***