MAKOMAT UIN Bandung Bikin Tantangan untuk Mahasiswa Baru

Share

DIDIKPOS.COM – Menulis artikel ilmiah menjadi tantangan mahasiswa. Menyadari tantangan itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tasawuf dan Psikoterapi (TP) Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyelenggarakan Masa Kegiatan Orientasi Mahasiswa Tasawuf Psikoterapi (MAKOMAT) Tahun 2020 dengan sajian yang cukup menantang “Latihan Teknik Penulisan Artikel Ilmiah.”

Materi Teknik Penulisan Artikel disajikan Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag. Sesi ini dipandu Chyril Futuhana Ahmad, Mahasiswa TP yang juga pengelola Jurnal Syifa al-Qulub Jurusan TP.

“Teknik penulisan artikel bertujuan untuk penguatan keterampilan penulisan di kalangan mahasiswa. MAKOMAT sendiri melibatkan sebanyak 174 mahasiswa baru,” kata Ketua Panitia, Muhammad Farhan, di sela-sela MAKOMAT, di Studio Fakultas Ushuluddin UIN Bandung, Sabtu (5/12/2020).

Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Wahyudin Darmalaksana, mengatakan, saat ini jurnal ilmiah bersifat open sistem. Artinya, jurnal dikelola dan diterbitkan secara digital. Jurnal juga bersifat open access. Maksudnya, terbuka secara digital sehingga bisa diakses khalayak global.

“Ada 1001 keuntungan menulis artikel. Di antaranya penguatan skill penulisan akademik, peluang partisipasi event forum ilmiah semisal konferensi, pengelolaan pengetahuan, pengukuran index produktifitas akademik, dan pengakuan global,” kata Yudi, sapaan Wahyudin Darmalaksana, saat menyampaikan materi.

Ia mengungkapkan, menulis artikel bukan perkara yang sulit karena telah disediakan template. Sebuah format baku penulisan artikel. Tugas penulis mematuhi template itu. Bahkan, bukan artikel ilmiah bila keluar dari template.

“Bagi akademisi, template tidak bisa diabaikan bila hendak memulai latihan menulis artikel,” terangnya.

Ia menambahkan, sudah saatnya mahasiswa menyelenggarakan forum ilmiah sendiri. Misalnya, seminar, symposium, dan konferensi. Dimulai dengan call for paper bagi kalangan mahasiswa. Paper ini bisa berupa makalah tugas kuliah. Presentasikan makalah tersebut di forum ilmiah. Lalu publikasikan paper-paper terpilih di special issue. Caranya lakukan korespondensi dengan publisher untuk meminta kesedian menerbitkan paper-paper terpilih.

“Coba selenggarakan oleh organisasi mahasiswa melalui kerja sama. Libatkan stakeholders serta gali dukungan dari sponsor. Saat ini bukan era kompetisi tetapi era kolaborasi. Bila ada kesungguhan maka yakin mahasiswa bisa gagas konferensi dengan publikasi artikel di conference series,” tandas Yudi.

Hadir di acara ini Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr. Muhlas, M.Hum.; Ketua Jurusan Dr. Muhtar Ghazali, M.Ag.; Sekretaris Dr. Cucu Setiawan, M.Ag.; dan Ketua Umum HMJ TP FU Periode 2020-2021 Erwin. (des)**