GMD Kabupaten Ciamis: Pacu Semangat Belajar Warga Desa

Kegiatan Pengabdian Gerakan Mengajar Desa (GMD) Kabupaten Ciamis digelar di Desa Bangunharja, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis pada 21 sampai 27 Desember 2020, (Foto: Istimewa).

Share

DIDIKPOS.COM – Kegiatan Pengabdian Gerakan Mengajar Desa (GMD) Kabupaten Ciamis digelar di Desa Bangunharja, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis pada 21 sampai 27 Desember 2020.

Leader GMD Kabupaten Ciamis, Dandi Herdiana, berharap setelah dilaksanakan kegiatan pengabdian ini dapat meningkatkan kembali semangat belajar Kawan Inspiratif (sebutan siswa-siswi di desa sasaran) dan mengetahui potensi desa yang dikunjungi.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap agar Kawan Inspiratif semakin semangat belajar, dapat menambah wawasan baru, serta dapat membuat kepercayaan diri Kawan Inspiratif yang kami temui semakin meningkat”, katanya, Jumat (1/1/2021).

Dandi menyebutkan, selain menyasar anak-anak di desa, dalam program GMD juga terdapat program kemasyarakatan, program Gerakan Magrib Mengaji, dan Capacity Building.

“Kemarin kami berkolaborasi bersama Forum Anak Daerah Kabupaten Ciamis untuk hadir di Bangunharja dalam rangka peningkatan kapasitas anak,” tambahnya.

Diketahui, kegiatan yang diinisiasi oleh para pemuda di Jawa Barat pada tahun 2018 ini, tersebar di 27 kota/kabupaten di Jabar. Adapun Cianjur merupakan kabupaten perintis dalam program ini.

Jumlah Tutor Inspiratif (sebutan untuk relawan GMD) yang terjun dalam GMD Kabupaten Ciamis sebanyak 24 anggota.

Sebelumnya, GMD Kabupaten Ciamis melaksanakan pengabdian di Desa Sukaharja, Kecamatan Rajadesa. Tutor Inspiratif GMD Kabupaten Ciamis dilepas secara simbolik oleh Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra. (Rena Nurliana)***

Tinggalkan Balasan