Luncurkan UKBI Adaptif Merdeka, Ini Penjelasan Mendikbud

Share

DIDIKPOS.COM – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim resmi meluncurkan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka. UKBI merupakan instrumen uji untuk mengukur kemahiran berbahasa Indonesia bagi penutur bahasa asing.

“Pada 2020 dilakukan uji coba instensif kepada 2.190 peserta sehingga Badan Bahasa telah melahirkan sistem UKBI adaptif seiring dengan pengembangan iptek. Pengembangan UKBI adaptif merupakan bentuk keberhasilan pemerintah dalam kemajuan pengembangan bahasa dan sastra melalui lompatan dalam hal desain dan layanan uji,” kata Nadiem pada peluncuran UKBI Adaptif Merdeka secara daring pada Jumat (29/1/2021).

Menurut Nadiem, Kemendikbud melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa memiliki komitmen tinggi dalam kemajuan bahasa dan sastra. Saat ini, telah dilakukan berbagai inovasi dalam pengembangan, pembinaan, dan peningkatan fungsi bahasa Indonesia yang bermuara pada layanan profesional bidang bahasa dan kesastraan.

“UKBI adaptif ini akan memberikan dampak positif kepada penutur bahasa Indonesia dari berbagai kalangan. Dalam meningkatkan aspirasi dalam memahami dan mempelajari bahasa Indonesia ini,” katanya. (des)***