SNMPTN 2021, Registrasi Akun LTMPT Mulai Senin 4 Januari

oleh -112 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Proses pendaftaran untuk masuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 akan dimulai pada Senin (4/1/2021). Rangkaian pendaftaran diawali dengan melakukan registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Dalam rilis jadwal pendaftaran SNMPTN 2021 dari LTMPT disebutkan, selain akan meluncurkan sistem penerimaan mahasiswa baru (PMB 2021), pada 4 Januari hingga 1 Februari akan dibuka proses registrasi akun LTMPT. Masyarakat bisa melakukan registrasi di portal LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id.

“Registrasi akun LTMPT bagi sekolah dan siswa kelas 12 ini wajib dilakukan. Sebab akun LTMPT ini diperlukan untuk pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), untuk pendaftaran SNMPTN dan juga untuk pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021,” katanya, Sabtu (2/1/2021).

Dalam rilis itu juga disebutkan, jika siswa mau memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.

“Selain itu disarankan tidak lintas minat atau tergantung ketentuan kampus yang akan dituju para siswa nantinya,” tuturnya.

Tahap krusial kedua ialah proses pengisian PDSS pada 11 Januari hingga 8 Februari. PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang berhak mendaftar. PDSS mengakomodasi Kurikulum Nasional 2006 dan Kurikulum 2013 (sistem paket dan SKS). Sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional tidak bisa mendaftar PDSS.

“Untuk tahun ajaran dan tingkat yang sama, PDSS mengakomodasi perbedaan kurikulum antara semester ganjil dan genap. Pengisian PDSS dilakukan oleh sekolah dan kebenaran data yang diisikan menjadi tanggung jawab Kepala Sekolah masing-masing,” pungkasnya. (des)***

No More Posts Available.

No more pages to load.