Ada Lima Prodi Baru pada PMB Universitas Pendidikan Indonesia 2021

Share

DIDIKPOS.COM – Pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2021 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) memasukkan lima program studi (prodi) baru.

Ke-lima prodi tersebut yakni Prodi Industri Pariwisata, Gizi, Mekatronika dan Artificial Intelegency, Desain Produk Industri, dan Prodi Seni Musik.

Divisi RMB UPI Dr. Rer. Nat Ahmad Mudzakir, M.Pd., menuturkan, Prodi Industri Pariwisata Kampus UPI Sumedang masuk pada kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum) yang juga pernah diikutsertakan pada tahun 2020.

Lalu, Prodi Gizi FPOK Kampus Bumi Siliwangi, masuk kelompok (Saintek) dan Prodi Mekatronika dan Kecerdasan Buatan dari Kampus UPI Purwakarta masuk kelompok (Saintek).

Adapun Prodi Desain Produk Industri masuk kedalam kelompok (sainhum) dan Prodi Seni Musik masuk kelompok Soshum yang merupakan prodi yang berada di FPSD kampus Bumi Siliwangi.

“Dengan adanya prodi-prodi baru ini diharapkan akan memberikan keleluasaan dan alternatif pilihan bagi calon mahasiswa yang berminat untuk kuliah di UPI, sesuai dengan minat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan,” ujar Mudzakir.

Sebelumnya, LTMPT merilis, UPI masuk 3 besar universitas paling diminati pada SNMPTN 2021, dengan jumlah pendaftar sebanyak 40.841 orang untuk pilihan prodi pertama dan 20.576 pendaftar untuk pilihan prodi kedua.

UPI berada pada peringkat ketiga setelah Universitas Padjadjaran dan Universitas Brawijaya

“UPI dalam SNMPTN dan SBMPTN tahun ini menyediakan 10.497 total kursi. Kuota untuk SNMPTN minimal 20%, SBMPTN minimal 30%, SM UPI maksimal 50%. Untuk informasi lengkapnya dapat diakses di https:// pmb.upi.edu,” pungkas Mudzakir. (des)***