LTMPT: Segera Daftar UTBK SBMPTN 2021, Pendaftaran Ditutup 1 April

oleh -59 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (UTBK SBMPTN) akan ditutup pada 1 April mendatang.

Untuk itu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengimbau agar siswa segera melakukan pendaftaran untuk jalur penerimaan mahasiswa baru PTN yang satu ini.

Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 sendiri telah dibuka pada 15 Maret lalu.

“Siswa yang telah melakukan permanen akun diimbau untuk segera melakukan pendaftaran. Bagi semua pendaftar, jangan lupa untuk mencetak kartu tanda peserta karena pendaftaran UTBK SBMPTN akan ditutup pada 1 April pukul 15.00 WIB, ” tulis LTMPT, melalui instagram resminya di @ltmptofficial, Senin (22/3/2021).

“Calon peserta bisa memilih kampus-kampus negeri terbaik di Indonesia pada pendaftaran yang bisa diakses melalui laman portal LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id,” sambungnya.

Syarat Ikut UTBK SBMPTN

Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Prof. Mohammad Nasih, melalui Surat Edaran, Senin (22/3/2021), menyebutkan, syarat mendaftar UTBK-SBMPTN adalah siswa lulusan tahun 2021, 2020, dan 2019 serta memiliki akun LTMPT 2021 yang sudah disimpan permanen. Pendaftaran UTBK-SBMPTN dilakukan melalui akun LTMPT siswa masing-masing.

“Peserta SNMPTN 2021 baru bisa mendaftar UTBK-SBMPTN 2021 setelah pengumuman SNMPTN 2021 hari ini. Apabila peserta SNMPTN 2021 melakukan pendaftaran sebelum pengumuman dan lolos SNMPTN, maka keikutsertaannya di SBMPTN tidak akan diproses dan biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali,” tulis Nasih.

Berikut persyaratan tes UTBK SBMPTN 2021:

1. Peserta yang akan memilih prodi Saintek maka mengikuti TPS dan TKA Saintek dengan materi ujian Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi).

2. Peserta yang akan memilih prodi Soshum, maka mengikuti TPS dan TKA Soshum dengan materi ujian Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).

3. Peserta yang akan memilih prodi Campuran (Saintek dan Soshum), maka mengikuti TPS, TKA Saintek dan TKA Soshum dengan materi ujian TKA Saintek dan Soshum. Selain itu, khusus Program Studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi hanya dapat dipilih oleh siswa lulusan SMA/MA jurusan IPA saja. Kemudian, siswa diharapkan memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

Persyaratan lainnya bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio.

Sementara itu, bagi peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tunanetra.

Peserta yang mendaftarkan UTBK dapat membayar biaya UTBK melalui bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI dengan ketentuan membayar Rp200.000 untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum dan Rp300.000 untuk kelompok ujian Campuran. (haf)***

No More Posts Available.

No more pages to load.