Wabup Pangandaran Canangkan Desa Mitra di Cintakarya Parigi

Share

DIDIKPOS.COM- Wakil Bupati (Wabup) Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan, mencanangkan Desa Mitra di Desa Cintakarya Kecamatan Parigi, Selasa (16/03/2021).

Program ini berlangsung berkat kerja sama Pemkab Pangandaran dengan Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran.

Hadir dalam acara tersebut Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran, Plt. Kepala Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran, Camat Parigi, dan Kepala Desa Cintakarya.

Wabup Pangandaran, Endin Indrawan, mengatakan, kegiatan tersebut jangan hanya bersifat seremonial. Namun, harus terus berlanjut serta terus memberikan edukasi kepada masyarakat dan mensejahterakan masyarakat khususnya petani perikanan.

“Kegiatan-kegiatan bersama pengabdian antara perguruan tinggi dengan masyarakat itu jangan hanya bersifat seremonial tapi masyarakatnya harus tetap semangat. Politeknik Kelautan dan Perikanan terus memberikan edukasi. Sehingga, apa yang diharapkan dan tujuan mensejahterakan masyarakat khususnya petani perikanan dapat tercapai,” kata Wabup saat menyampaikan sambutan.

Menurut Wabup, sejahteranya masyarakat suatu desa dipengaruhi 3 faktor, yaitu sumber daya alam, sumber daya manusia, dan modal.

“Bagaimana memadukan sumber daya air dengan teknologi. Tugas Politeknik ini mengembangkan perikanan dan kelautan dan bagaimana cara pengabdian kepada masyarakat,” tuturnya.

Ia berharap masyarakat dan aparat desa jangan mudah memberikan izin. Sebab, sumber daya alam dan sumber daya air untuk budidaya ikan cukup bagus.

“Pangandaran itu banyak mata air cukup potensi untuk dikembangkan. Problemnya memang ada dua, di samping masyarakat kurang memahami teknologi juga kurang modal”, ujar Wabup.

Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran, DH Guntur Praboro, menuturkan, di setiap titik di Kabupaten Pangandaran sangat berpotensi.

“Kami dan tim tentunya di bawah dukungan Dinas Kelautan dan Perikanan, kira-kira mana yang akan dikembangkan. Setelah dilihat, semua bagus titik-titik di Pangandaran semua berpotensi. Kami ingin membuat satu contoh dulu, dan membuka wawasan bersama,” katanya. (des)***