Bungkam Persiraja, Persib Bandung Lolos ke Perempatfinal Piala Menpora 2021

Share

DIDIKPOS.COM – Duel panas perebutan tiket perempatfinal dari Grup D Piala Menpora 2021 mempertemukan Persib Bandung kontra Persiraja Banda Aceh.

Laga ini digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (2/4/2021). Pemenang laga ini akan menemani Bali United yang lebih dulu memastikan tempat di fase 8 besar.

Persib berada di posisi kedua dengan koleksi 4 poin, sedangkan Persiraja mengemas 3 poin dan berada di urutan ketiga. Bagi Persib, hasil imbang saja sebenarnya sudah meloloskan mereka.

Pentingnya kemenangan membuat tensi pertandingan panas sejak awal babak pertama. Kedua tim langsung tampil menekan demi mengincar gol cepat.

Adalah Persib yang mampu membuka keunggulan. Gol tercipta pada menit ke-25 yang diawali aksi brilian Febri Hariyadi. Usai mengelabui pemain belakang Persiraja, Febri melepaskan umpan ke dalam kotak penalti.

Bola mengarah ke Wander Luiz dan tanpa ampun pemain asal Brasil itu menceploskan bola melalui sundulannya.

Tiga menit kemudian, Persiraja mendapatkan tendangan bebas tepat di depan kotak penalti Persib. Namun, tendangan Silvio Escobar belum mampu membahayakan gawang Persib.

Pada menit ke-42, Wander Luiz melakukan akselerasi di sisi kanan. Dia kemudian memberikan umpan cut back, disambut Ezra. Tapi, tendangan Ezra masih belum tepat sasaran.

Di penghujung babak pertama, Febri Hariyadi berhasil memporak-porandakan pertahanan Persiraja. Dia berhasil mengecoh pemain belakang dan kiper Persiraja. Namun, tendangannya masih menyamping dari gawang yang sudah kosong. Babak pertama berakhir 1-0 untuk Persib.

Pada menit ke-67, Wander Luiz mencoba peruntungannya. Tapi tendangannya dari tengah lapangannya masih menyamping.

Pada menit ke-69, Beckham melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, bola masih belum menemui sasaran.

Semenit kemudian, Persib mendapatkan peluang melalui tendangan bebas di luar kotak penalti. Febri mengambil kesempatan, sayangnya tendangan Febri masih terlalu lemah dan dapat diamankan kiper Persiraja.

Persib terus menggempur Persiraja meski sudah unggul 1-0. Menit ke-81, peluang emas didapatkan Ferdinand Sinaga.

Mendapatkan umpan terobosan dari Febri, Ferdinand berhasil mengecoh kiper Persiraja dengan sentuhan pertamanya.

Sayang, penyelesaian akhir mantan pemain PSM Makassar membuat peluang menjadi sia-sia. Bola mendatar meluncur di samping gawang Persiraja.

Di tengah dominasi Persib sepanjang babak kedua, Persiraja memberikan kejutan. Pada menit ke-90 mereka berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Assanur Rijal ‘Torres’.

Menegangkan, Persib langsung merespons. pada menit ke-93, Ferdinand Sinaga akhirnya tak menyia-nyiakan peluang lagi.

Menerima umpan dari Beckham, Ferdinand melepas tendangan ke sudut kiri gawang Persiraja sambil terjatuh. Skor 2-1 untuk Persib hingga laga usai.

Hasil ini membuat Persib melenggang ke babak perempatfinal Piala Menpora 2021 sebagai juara Grup D dengan poin tujuh dari tiga laga. Sedangkan Persiraja d peringkat ketiga dengan poin tiga.

Susunan Pemain:

Persib Bandung: Teja Paku Alam; Henhen Herdiana,Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Zalnando, Dedi Kusnandar, Farshad Noor, Febri Hariyadi, Ezra Walian, Frets Butuan, Wander Luiz.

Cadangan: I Made Wirawan, Achmad Jupriyanto, Bayu Mohammad Fiqri, Mario Jardel, Abdul Aziz, Esteban Vizcarra, Saiful,Beckham Putra,Ferdinand Sinaga.

***

Sumber: Viva.co.id