Hari Otda XXV, Bupati Pangandaran: Perlu Kebersamaan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah

oleh -1729 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata mengikuti peringatan HUT Otonomi Daerah XXV Tahun 2021 secara daring, di Aula Setda Kabupaten Pangandaran, Senin (26/4/2021).

Hadir pula Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan, Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Drs. H. Kusdiana, M.M., serta unsur Forkopimda Kabupaten Pangandaran.

Peringatan HUT Otonomi Daerah XXV Tahun 2021 mengangkat tema “Bangun Semangat Kerja Dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit dan Indonesia Maju”.

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin, menuturkan, pembangunan sektor ekonomi sangat berperan penting dalam meningkatkan kuantitias dan kualitas dalam pelayanan pemerintahan.

“Sektor-sektor pembangunan ekonomi yang menjadi kewenangan daerah memegang peran penting sebagai penentu peningkatan kuantitas dan kualitas layanan pemerintahan. Semakin tinggi capaian kinerja daerah dalam urusan pemerintahan, maka akan semakin baik pula kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah yang selanjutnya akan berkontribusi terhadap capaian peningkatan indeks-indeks pembangunan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Menurut Wapres, ada tiga hal terkait peningkatan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan pada masa Covid-19.

Pertama, perubahan paradigma pemerintahan dan pembangunan yang masih berorientasi pada bisnis atau rutinitas yang berbasis inovasi dengan memanfaatkan modal budaya, SDM unggul, SDA, teknologi informasi, dan kearifan lokal sesuai karakteristik daerah masing-masing.

Kedua, pentingnya sinergi dan koordinasi pemerintahan untuk kolaborasi antardaerah, antarpusat dengan daerah, antarpemerintah dengan swasta, dan kapitalisasi modal sosial secara gotong royong akan menjadi salah satu kekuatan meningkatkan ekonomi dan sosiologi masyarakat.

Ketiga, pemetaan masalah berbasis data sebagai dasar pembuatan penjaga.

“Seluruh jajaran Pemda sebagai ujung tombak pemerintahan agar selalu menjadi contoh dan pelopor baik berinovasi meningkatkan layanan kualitas publik maupun dalam menerapkan protokol kesehatan serta menyukseskan program vaksinasi di seluruh Indonesia,” tegasnya.

Sementara Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, mengatakan, sebagaimana tema yang dimuat dalam Hari Otonomi Daerah Tahun 2021, kerja dan kebersamaan yang dibangun karena kemajuan Indonesia adalah gabungan dari kemajuan nasional kabupaten/kota.

“Kemajuan Indonesia gabungan dari kemajuan nasional kabupaten/kota. Dalam tema Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021 kali ini artinya kerja dan kebersamaan yang dibangun baik pusat daerah, baik bupati dan wakil bupati, serta perangkat daerah dan DPRD,” ujarnya. (des)***

No More Posts Available.

No more pages to load.