News  

Rudy Susmanto Minta Jumlah Sekolah dan Ruang Kelas Ditambah

Jumlah Sekolah dan Ruang Kelas
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto (membawa map). (Istimewa/Bogordaily.net).
Share

Didikpos.com – Seiiring dengan tuntasnya proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kabupaten Bogor pada 14 Juli 2023. Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, menambah jumlah sekolah dan ruang kelas baru (RKB).

Menurut Rudy, pihaknya telah melakukan monitoring jumlah sekolah dan ruang kelas ke sejumlah SMPN di Kabupaten Bogor selama proses PPDB itu menyebutkan, banyak menerima keluhan terkait PPDB 2023.

“Ada banyak anak-anak lulusan sekolah dasar yang menginginkan melanjutkan pendidikan di SMPN. Hal ini terlihat dari jumlah pendaftar PPDB yang jauh lebih banyak dari kuota yang tersedia di setiap sekolah,” kata Rudy Susmanto, Senin 17 Juli 2023.

“Bahkan, ada beberapa orang tua murid yang sampai menangis karena tidak bisa mendaftarkan anaknya ke salah satu sekolah negeri,” sambungnya.

Ia mengatakan, lantaran jumlah pendaftar jauh di atas kuota yang tersedia di setiap sekolah. Maka, DPRD Kabupaten Bogor akan mendorong penambahan jumlah SMPN di Kabupaten Bogor, termasuk penambahan RKB.

“Untuk mengatasi persoalan ini, penambahan SMP Negeri penting untuk mewujudkan pelayanan pendidikan di Kabupaten Bogor, khususnya di Kecamatan yang hanya memiliki satu SMP Negeri. Termasuk penambahan ruang-ruang kelas baru di SMP Negeri yang sudah ada di Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Rudy menilai perlu ada evaluasi pelaksanaan PPDB agar semua masyarakat bisa mendapatkan pelayanan Pendidikan dan terfasilitasi dengan baik.

“Semoga setelah kita menerima keluhan dan kendala dari masyarakat dan sekolah, kita bisa mengevaluasi masalah ini terutama di PPDB dan peningkatan infrastruktur sekolah,” ujar Rudy.***