Pergelaran Seni Tari dan Drama “Universe” Jurusan PGMI UIN SGD Bandung

oleh -607 Dilihat
Share

BANDUNG, DIDIKPOS –  Mahasiswa semester IV Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), UIN SGD Bandung mengadakan Pergelaran Seni Tari dan Drama bertajuk “Universe”, di Gedung Rumentang Siang, Jalan Baranang Siang 1, Bandung, Kamis (27/6/2019).

Pergelaran itu untuk memenuhi tugas ujian akhir semester (UAS) mata kuliah Pendidikan Seni Tari dan Drama.

Ketua Jurusan PGMI, Drs. Anas Salahudin, M.Pd., didampingi Sekretaris Jurusan PGMI, H. Yayan Carlian, M.Pd. dan  dosen Pendidikan Seni Tari dan Drama, Jalu Ginanjar,  menjelaskan,  pergelaran seni ini mempersembahkan 2 tarian tradisional  (tari Nusantara dari Aceh sampai Papua, tari sampurasun Sunda dan 3 drama berjudul Mahavatar, Karma Sang Pendosa karya Rosyid Abby, dan Darmaga Cinta).

“Pergelaran seni ini merupakan acara rutinan tahunan yang digelar semester IV sebagai bentuk UAS (ujian akhir semester) untuk mata kuliah Pendidikan Seni Tari dan Drama. Sedangkan untuk semester II, angkatan 2018 pada tanggal 16 Mei 2019 telah diselenggarakan pameran Seni Rupa di gedung Abdja Soelaeman, Kampus I, UIN Bandung,” tegasnya, Jumat (27/6/2019).

Menurutnya, pergelaran seni ini sepenuhnya merupakan kreativitas mahasiswa PGMI angkatan 2017.

“Hasil akhir dari mata kuliah ini, bukan untuk menjadikan mahasiswa sebagai aktor, tapi bagaimana mahasiswa kelak dapat menjadi guru yang dapat mengajarkan dan memotivasi siswanya agar berani tampil di depan umum,” paparnya.

Di jurusan PGMI, terdapat tiga mata kuliah pendidikan kesenian (pendidikan seni musik, pendidikan seni rupa, serta pendidikan seni tari dan drama). Ketiganya diorientasikan untuk menggali minat, bakat, dan potensi mahasiswa supaya memberikan motivasi, dorongan agar tetap belajar dan mengembangkan ilmu pengetahuan.

Anas menegaskan, pergelaran seni ini merupakan unjuk kreativitas mahasiswa PGMI dalam berkreasi, mulai dari property, ide, dan busana.

“Semuanya hasil karya mahasiswa PGMI,” ujarnya.

Dosen Jurusan PGMI, Inne,  menuturkan,  pergelaran seni itu sangat meriah. Hal ini menunjukkan semakin meningkatnya karya mahasiswa-mahasiswi jurusan PGMI.

“Saya kagum dan terharu. Selamat atas pergelarannya. Mudah-mudahan dapat meningkatkan semangat untuk terus mempraktekkan ilmunya setelah mendapatkan materi di bangku kuliah,” pungkasnya. (dede suherlan)***

No More Posts Available.

No more pages to load.