SNMPTN 2020 Unpad: 1.389 Pendaftar Lolos Seleksi, Persaingan di Teknik Informatika Tertinggi

Share

DIDIKPOS.COM – Sebanyak 1.389 orang diterima di Universitas Padjadjaran (Unpad) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Arief Sjamsulaksan Kartasasmita mengatakan, total jumlah pendaftar SNMPTN ke Unpad sebesar 25.796 orang.

Jumlah pendaftar SNMPTN ke Unpad merupakan yang terbanyak keempat di antara universitas di Indonesia. Program studi (prodi) dengan jumlah peminat terbanyak di Unpad yakni Psikologi sebanyak 2.296 orang dan Manajemen sebesar 1.532 orang.

Ada beberapa prodi di Unpad yang memiliki tingkat keketatan (persaingan) tertinggi. Salah satunya adalah Teknik Informatika dengan tingkat keketatan 1,20%.

Angka ini menjadikan Teknik Informatika sebagai prodi saintek dengan tingkat keketatan tertinggi di Indonesia.

Dua prodi Saintek di Unpad lain yang masuk 20 besar prodi dengan keketatan tertinggi di Indonesia yaitu Farmasi (1,88%) dan Psikologi (2,20%).

Sementara pada kelompok Sosiohumaniora, Prodi Manajemen dan Ilmu Komunikasi menjadi dua prodi di Unpad yang masuk lima besar prodi soshum dengan keketatan tertinggi di Indonesia.

Prodi Manajemen memiliki persentase keketatan 1,31% serta Ilmu Komunikasi sebesar 1,42%. Lainnya, Prodi Bisnis Digital menduduki peringkat ke-10 kelompok prodi Soshum dengan keketatan tertinggi di Indonesia, yaitu 1,91%.

Registrasi Daring
Unpad telah menyiapkan mekanisme registrasi mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 jalur SNMPTN.

Arief mengatakan, tahun ini Unpad menyelenggarakan registrasi administratif bagi mahasiswa jalur SNMPTN secara daring. Karena itu, peserta wajib menyiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran.

“Segera mengunjungi laman Unpad untuk mempelajari proses registrasi /daftar ulang. Tidak perlu datang ke kampus, semua akan dilakukan secara online,” ujar Arief dalam siaran pers, Rabu (8/4/2020).

Bagi peserta yang dinyatakan lulus SNMPTN ke Unpad, wajib melaksanakan registrasi dan mengunggah dokumen yang disyaratkan. Proses registrasi meliputi pengisian biodata dan unggah dokumen di laman https://pengumuman.unpad.ac.id.

Registrasi dimulai 13 hingga 24 April 2020 pukul 17.00 WIB. Unpad akan melakukan verifikasi pada data dan dokumen yang diunggah mulai 15 April 2020 hingga 11 Mei 2020.

Dokumen yang dipersyaratkan dapat dilihat di https://smup.unpad.ac.id/informasi-registrasi/.

Selanjutnya, calon mahasiswa dapat mengetahui jumlah tagihan uang kuliah di laman pengumuman Unpad.

Pembayaran melalui perbankan yang ditunjuk dijadwalkan mulai tanggal 3 Mei 2020 sampai 2 Juni 2020.

Setelah pembayaran diterima, Unpad akan menerbitkan Surat Tanda Bukti Resmi Menjadi Mahasiswa melalui surat elektronik ke setiap mahasiswa baru mulai 3 Juni 2020 sampai 10 Juni 2020.

“Mahasiswa baru nanti akan diberikan Kartu Tanda Mahasiswa sementara kalau sudah seluruh proses verifikasi dan pembayaran selesai. KTM sementara nanti akan ditukar dengan yang asli saat mendekati awal semester,” ujar Arief.***