“PAAMPROKAN”, Fasilitas Wisata Baru di Pangandaran

Share

DIDIKPOS.COM – “PAAMPROKAN”, taman yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat di Bulak Laut Pangandaran, Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran (pesisir barat Pangandaran/tanah eks Dinsos Pemprov Jabar), pada akhir tahun ini, akan menambah daya tarik wisata di Pangandaran.

Nama “PAAMPROKAN” adalah pemberian dari Gubernur Jabar M. Ridwan Kamil saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan ruang terbuka publik tersebut, Jumat (23/10/2020).

“Saya namai PAAMPROKAN, artinya tempat bertemu. Pangandaran Menyediakan Pariwisata Objek Pantai, disingkatnya ‘PAAMPROKAN’,” ujar Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Emil mengungkapkan, Amprok itu bahasa Sunda yang berarti bertemu. Diberi awalan pa dan akhiran an, menjadi tempat bertemu, jadi PAAMPROKAN.

“Memberi nama itu harus enakeun, artinya mulia, dan mempunyai kearifan lokal,” ujarnya.

Emil berharap, taman ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kemajuan pariwisata di Kabupaten Pangandaran.

“Maksimalkan ini menjadi salah satu gerbang. Salah satunya dengan sering membuat event,” tambahnya.

Di ruang terbuka publik “PAAMPROKAN” ada berbagai fasilitas. Di antaranya Plaza Area, Menara Pandang, Selter UKM, Ruang Bermain Anak, Arena Olahraga, serta penunjang ruang terbuka publik lainnya

Pjs. Bupati Pangandaran, Dr. H Dani Ramdan MT, menuturkan, “PAAMPROKAN” akan menambah objek wisata baru serta memecah keramian.

“Bagi kami di Pangandaran, ini adalah sebuah langkah strategis. Dengan bertambahnya satu fasilitas ruang terbuka publik, wahana baru yang juga wahana wisata ini, akan memperluas area wisata yang sementara ini terkonsentrasi di pantai barat dan timur Pangandaran. Dua kawasan itu kerap dilanda kemacetan saat tahun baru dan lebaran,” tuturnya.

“Dengan diperluasnya area wisata, Insya Allah wisata Pangandaran akan semakin berkembang,” imbuhnya.

Selain Gubernur dan Pjs Bupati Pangandaran, hadir pada peletakan batu pertama “PAAMPROKAN” Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih, Kepala Dinas Tarkim Provinsi Jabar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Jabar, Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran, Sekda Pangandaran Drs Kusdiana, MM, Sekda Kabupaten Ciamis, dan Direktur Utama PMB. (des)***