UKM KOMPETITIF UPI Juara Umum Kejurnas Gokart 2020

Share

DIDIKPOS.COM – Tim Karting UKM KOMPETITIF (Komunitas Penggemar Teknologi Otomotif) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dinobatkan sebagai Juara Umum di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Gokart ‘Eshark Rok Cup (ERC) 2020’.

Personal Tim Karting KOMPETITIF UPI yang ikut pada ajang yang diselenggarakan di Sentul International Karting Circuit, Bogor ini yakni:

– Tim 1 Tony Kart: Gisa Kusdinar Saputra (Racer), Kusyandi, Ikhsan (Mekanik), Rizky Ramadhan (Supporting Tim).

– Tim 2 PDB: Rivan Pamungkas (Racer), Frendy, Galih, Iqbal (Mekanik), Reyhanita (Supproting Team)

– Tim 3 PDB: Khalid Ramadhan R. (Racer), Ilham, Dawam, Ragil (Mekanik), Aulia H. (Supporting Team)

ERC dalam satu tahun diselenggarakan dalam enam seri, yaitu Seri 1 (8-9 Februari 2020), Seri 2 (14-15 Maret), Seri 3 dan 4 (5-6 September 2020), serta Seri 5 dan 6 (31 Oktober-1 November 2020).

Kategori yang dilombakan yaitu mini rok, junior rok, senior rok, expert rok, rok shifter, shifter 150 Nasional, dan shifter mahasiswa.

Berdasarkan perolehan podium dari seri satu sampai enam, Tim Karting KOMPETITIF UPI berhasil megumpulkan poin 2749,5 dan mendapatkan beberapa kategori juara umum. Yaitu Juara Umum 2 untuk Tim Universitas, Juara Umum 3 kelas Shifter Universitas, dan Juara Umum 5 tingkat nasional untuk Shifter Nasional 150 cc.

Berikut rincian perolehan podium yang berhasil diraih oleh Tim Karting Kompetitif UPI dalam setiap seri lomba:

1) Seri 1 meraih podium 3 tingkat nasional untuk kelas Shifter Universitas,

2) Seri 2 finish belum meraih podium,

3) Seri 3 meraih podium 3 dan podium 5 tingkat nasional untuk kelas Shifter Universitas,

4) Seri 4 meraih podium 4 dan podium 5 tingkat nasional untuk kelas Shifter Universitas,

5) Seri 5 meraih podium 3 tingkat nasional untuk kelas Shifter Universitas dan podium 4 tingkat nasional untuk Shifter Nasional 150 cc,

6) Seri 6 meraih podium 3 tingkat nasional untuk kelas Shifter Universitas dan Juara 4 Shifter Nasional.

Membanggakan

Manajer Tim, Ibnu Sina, mengatakan, keberhasilan tim Karting KOMPETITIF UPI meraih juara umum sangat membanggakan. Sebab, di tengah pademi Covid-19 tim tetap semangat mempersiapkan tim.

“Alhamdulillah berkat rido Allah SWT dan atas dukungan dari sivitas akademika, terutama pimpinan universitas, ditmawa, fakultas, departemen/prodi akhirnya Tim Karting KOMPETITIF UPI berhasil mempersembahkan trophy untuk lembaga,” katanya, dalam siaran pers dari Humas UPI, Selasa (10/11/2020).

Ketua UKM KOMPETITIF UPI, Siti Nur Aisyah, menuturkan, saat ini UK KOMPETITIF UPI sedang mempersiapkan tim untuk kompetisi nasional yaitu Student Formula Electric Championship (SFEC) 2020 dan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2020, serta kompetisi internasional Shell Eco-Marathon 2020.

“Saya sebagai ketua UKM harus mampu mangatur dan berpikir lebih keras supaya keadaan anggota tim tetap fokus dan prima untuk mempersiapkan dan mengikuti setiap event. Sehingga bisa mempersembahkan hasil yang terbaik bagi UPI tercinta,” ujar Siti.

Keberhasilan Tim Karting Kompetitif UPI tidak lepas dari dukungan para pembimbing UKM KOMPETITIF UPI yaitu Drs. Tatang Permana, M.Pd., Sriyono, M.Pd., Dr. Ridwan Adam MN, M.Pd., dan Ibnu Mubarak, M.Pd.

Sriyono mewakili tim pembimbing mengapresiasi Tim Karting KOMPTETITIF UPI atas perolehan prestasi pada ajang ERC 2020 ini.

“Semoga perolehan prestasi ini membawa keberkahan untuk tim serta sivitas akademika UPI. Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih tak terhingga atas dukungan yang luar biasa dari pimpinan UPI,” tuturnya.

Diketahui, ERC 2020 merupakan kompetisi balap gokart tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat.

Tim Karting KOMPETITIF UPI mengikuti ajang ERC secara rutin setiap tahun. Kategori yang diikuti pada ERC 2020 yaitu shifter 150 Nasional dan shifter mahasiswa.

Pada ERC 2020 ini Tim Karting KOMPETITIF UPI berkompetisi dengan 19 pembalap dari beberapa perguruan tinggi lain, yaitu ITS, UI, ITB, UNPAS, UNTAR, UNTIRTA, dan ITENAS. (des)***