Ini Terobosan Organisasi Mahasiswa UIN Bandung dalam Menulis Artikel Ilmiah

Share

DIDIKPOS.COM – Organisasi mahasiswa membuat terobosan menulis artikel ilmiah. Terobosan ini diawali dengan agenda “Latihan Praktis Menulis Artikel”, yang digelar di Villa Maranti, Cilengkrang, Bandung, Jumat (4/12/2020).

Latihan menulis yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Studi Agama-Agama (SAA) Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini, diselenggarakan bersamaan dengan Upgrading dan Pelantikan Pengurus HMJ SAA Periode 2020-2021.

Adapun yang menjadi pemandu latihan yaitu Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag..

Ketua Panitia Pelaksana, Galbani Fadhillah, mengatakan, terobosan latihan menulis ini bertujuan untuk penguatan literasi di lingkungan mahasiswa.

“Sasarannya adalah publikasi artikel di jurnal ilmiah,” ujarnya.

Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Wahyudin Darmalaksana, saat menjadi pembicara latihan menulis artikel mengatakan, menulis adalah indikator maju. Jadi meskipun tidak suka menulis, akademisi semuanya harus menulis.

“Menulis artikel suka dibilang horor. Sejenis mahluk yang menakutkan. Mitos itu mesti ditepis. Caranya semua harus berlatih,” kata Yudi, sapaan Wahyudin.

Selanjutnya ia memaparkan teknis penulisan artikel, mulai menghimpun data di repositori, menggunakan template penulisan, menyusun formula penelitian, dan tinjauan pustaka.

Selain itu, membuat kerangka berpikir, pembahasan, hingga simpulan. Selain itu ada bagian abstrak.

“Setelah terbentuk naskah artikel, selanjutnya, cek plagiasi dan lakukan paraphrase untuk meminimalisir similarity. Lalu lakukan editing pastikan tidak ada typo. Karena itu minta dua orang sejawat untuk proofreading. Artikel ilmiah hasilnya harus rapih,” tuturnya.

“Tunggu jawaban editor jurnal di email. Biasanya nanti ada kabar apakah artikel diterima atau ditolak untuk terbit. Jika diterima biasanya ada perintah revisi. Lakukan revisi dan kemudian kirim ulang naskah hasil revisi melalui login,” imbuh Yudi.

Hadir pada kegiatan ini Wakil Dekan III Dr. Muhlas M.Hum., Ketua Jurusan SAA Dr. Dadang Darmawan, M.Ag.; Sekretaris Jurusan SAA Dr. Ilim Abdul Halim, M.Ag.; dan Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Ushuluddin Bambang Wijanarko.

Selain itu, juga hadir Shihabudin Syafiq, Ketua Demisioner dan Sekretaris Irham Yuflih. Pada acara ini Asep Suryana dilantik menjadi Ketua dan Jelly Durahman sebagai Sekretaris HMJ SAA Periode 2020-2021. (des)***