Bupati Pangandaran: Relokasi Pasar Pananjung Tahun Ini

Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata saat melakukan pertemuan dengan pedagang Pasar Pananjung, terkait relokasi pasar, di SDN 2 Pananjung, Senin (17/1/2021), (Foto: Humas Pemkab Pangandaran).

Share

DIDIKPOS.COM – Pasar Pananjung Pangandaran rencananya akan dibangun Pemerintah Kabupaten Pangandaran pada tahun 2022.

“Pasar ini kita mulai pembangunan ada 2 tahap, tahap relokasi dan tahap pembangunan. Untuk rencana relokasi pasar ini akan dilaksanakan pada tahun 2021. Pemerintah telah menyediakan anggaranya. Kita sudah mengagarkan 3,6 miliar untuk pembangunan fisik dan relokasinya,” kata Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata usai pertemuan dengan pedagang Pasar Pananjung, terkait relokasi pasar, di SDN 2 Pananjung, Senin (17/1/2021).

“Hari ini sengaja kita berkumpul sebelum kami melakukan langkah-langkah revitalisasi Pasar Pananjung, membahas mulai relokasi sampai pembangunan. Hal ini penting dilaksanakan untuk mengantisipasi permasalahan di kemudian hari,” sambung Bupati.

Menurutnya, alur komunikasi, alur koordinasi menjadi bagian yang penting dalam pembangunan Pasar Pananjung. Sehingga, nanti di kemudian hari tak ada persoalan.

“Saya tadinya ingin saya undang semua, tapi karena Covid-19 hanya sedikit. Mudah-mudahan ini mewakili berbagai aspek kepentingan masyarakat di pasar,” ujarnya.

Bupati mengharapkan penentuan tempat relokasi dilaksanakan secara musyawarah.

“Saya ingin kalau tidak setuju ada persoalan dari sekarang, jangan sudah membangun komplen. Soal tempat relokasi silahkan berembug lokasi di mana. Kita akan tunggu sampai akhir bulan Januari, sehingga kita bisa melakukan langkah-langkah selanjutnya,” ujarnya.

Menurut Bupati, pembahasan revitalisasi Pasar Pananjung sebenarnya sudah direncanakan dari beberapa tahun lalu. Namun, belum menemukan jalan keluar.

“Kenapa agak lambat, dulu ada persoalan. Persoalannya ada 250 kios di atas. Berdasarkan pengalaman, kios yang di atas menimbulkan persoalaan, maka kita cari jalan keluar. Jalan keluarnya adalah Terminal Pangandaran yang luasnya 7000 m2 itu akan digunakan untuk membangun yang 250 kios yang tadinya di atas,” terangnya.

Ditambahkannya, selain penguatan pasar, pembangunan Pasar Pananjung merupakan bagian dari konsep penataan Pangandaran.

“Tujuan pembangunan ini dalam rangka penguatan Pasar Pananjung. Yang kedua adalah merupakan bagian secara menyeluruh bagian dari konsep penataan Pangandaran. Di samping pasar yang akan kita revitalisasi, juga tsanawiah akan kita pindahkan,” pungkasnya. (des)***

Tinggalkan Balasan