Syah… Menpan-RB Pastikan Honorer Guru Agama Masuk Rekrutmen PPPK 2021

Share

DIDIKPOS.COM – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo, memastikan guru agama masuk dalam formasi rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2021.

“Sudah kita masukkan. Kemendikbud sudah setuju. Penentuan alokasi formasi guru agama ada di tangan Kemenag (Kementerian Agama). Karena guru-guru agama ada di Kemenag. Silahkan, sudah dialokasikan,” kata Tjahjo, dalam siaran pers, Kamis (18/3/2021).

Tjahjo menjelaskan, alokasi PPPK untuk honorer guru agama ini bukanlah alokasi yang ditetapkan sejak awal. Namun, slot yang tersedia dari satu juta guru PPPK Kemendikbud yang belum terpenuhi. Sebab, usulan kebutuhan guru oleh pemerintah daerah tidak mencapai satu juta guru.

“Pak Menteri (Mendikbud) sudah mengalokasikan karena masih ada yang belum tercukupi. Oke, dialokasikan buat Kementerian Agama. Jumlahnya berapa? Bisa kita sinkronkan,” kata Tjahjo.

Diberitakan sebelumnya, DPP Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) mengancam akan melakukan mogok mengajar secara nasional.

Ancaman itu disampaikan DPP AGPAII jika tuntutan guru Pendidikan Agama honorer masuk dalam rekrutmen Aparatur Sipil Negar (ASN)/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tidak dipenuhi oleh pemerintah.

“Kami tidak bisa menolak jika terjadi gerakan massal mogok mengajar. Kami tidak bisa mencegah jika hal itu terjadi. Kami hanya meminta agar pemerintah baik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ataupun Kementerian Agama, segera membuka formasi ASN atau PPPK untuk guru Pendidikan Agama,” kata Ketua Umum DPP AGPAII, Mahnan Marbawi, dalam siaran pers, Minggu (7/3/2021). (ysu)***