BUBOS 2021, Pemenang Kontes Anak Soleh Diumumkan

Share

DIDIKPOS.COM – Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat, Lina Ruzhanul Ulum, menutup Kontes Juara Anak Sholeh (Koas) 2021 di Balai Tikomdik Dinas Pendidikan Jabar, Kota Bandung, Sabtu (24/4/2021).

Koas sendiri merupakan bagian dari rangkaian Buka Bersama on the Screen (Bubos) 2021 yang puncaknya dilaksanakan pada hari yang sama. Terdapat tiga kategori yang dilombakan dalam Koas kali ini, yakni Adzan, Dai Cilik, dan Tahfidz Quran.

Para peserta Koas siswa dari kabupaten/kota. Babak penyisihan mulai dilakukan 20 April 2021 hingga menghasilkan para finalis dari tujuh daerah yaitu Kabupaten Majalengka, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Karawang.

Dewan juri dari LPTQ Provinsi Jawa Barat menyatakan pemenang pertama M. Najwa Adlani dari Kabupaten Majalengka (Adzan), Sultan Abdus Salam dari Kabupaten Sukabumi (Tahfidz 30 Juz), dan M. Nazhif Zamzany juga dari Kabupaten Majalengka (Dai Cilik).

Masing-masing pemenang pertama mendapat hadiah Rp5 juta, juara kedua Rp. 4 juta, dan juara ketiga Rp. 3 juta. Tambahan uang saku dari Kepala DP3AKB Provinsi Jawa Barat.

Lina Ruzhanul mengatakan, Koas menjadi bagian dari Bubos 2021 untuk mengasah percaya diri anak usia sekolah.

“Ketika anak-anak sudah percaya diri nanti mereka akan mampu berkompetisi dan melewati rintangan kehidupan yang datang,” ujarnya.

Koas juga diharapkan dapat menginspirasi anak-anak lain yang belum berkesempatan mengikuti ajang ini. Juga menjadi bukti bahwa Pemda Provinsi Jabar menaruh atensi terhadap pendidikan anak di tengah berbagai ancaman.

“Koas ini mampu menunjukkan kepada masyarakat bahwa masih banyak anak-anak soleh dan solehah,” tuturnya.

Ketua Pokja 1 TP PKK Provinsi Jawa Barat, Nani Moharomah, berharap Koas dapat memotivasi anak-anak Jabar untuk terus mengasah bakat dan kemampuan.

“Juga diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan generasi muda,” tuturnya. (kur)***