Di Tangan Siswa SDN Ciburayut 01 Sampah Bisa Jadi Berguna

Share

Didikpos.com — Bukan sekadar belajar di dalam kelas, para siswa di SD Negeri Ciburayut 01, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, memiliki kreatifitas membanggakan. Di tangan mereka, sampah botol plastik air kemasan bekas mampu disulap menjadi barang berguna berupa pot bunga.

Kegiatan kekaryaan yang dilakukan siswa SDN Ciburayut 01 telah berlangsung sejak lama. Mereka berupaya mengurangi sampah dan beragam limbah lainnya dengan cara mendaur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat serta kreasi seni yang indah.

“Sesuai tema kami yaitu hidup berkelanjutan dan berkarya untuk NKRI, maka sampah terutama sampah plastik, kami jadikan kerajinan lewat karya para siswa berupa pot kembang gantung,” ujar Sahrul Hamdan, guru Kelas VI SDN Ciburayut 01.

Dengan begitu, lanjut dia, mereka bisa lebih memahami tentang penanggulangan sampah, baik di lingkungan sekolah, maupun di lingkungan keluarga, dan lingkungan sekitar.

“Kegiatan pembuatan pot gantung ini diikuti seluruh anak, mulai dari kelas I hingga kelas VI. Agar mereka tahu sampah pun masih bisa dijadikan sebuah kreasi seni yang bermanfaat,” tandas Sahrul.

Dijelaskannya, tahun ini SDN Ciburayut 01 tengah menggulirkan proyek pengembangan tema untuk siswa yaitu Hidup Berkelanjutan dan Berwirausaha. Proyek ini bertujuan mengajarkan siswa tentang sampah yang dirasa tidak bermanfaat dapat bernilai jual, dengan cara memilah atau mendaur ulang sampah menjadi kerajinan yang sangat menarik.
(Acep Mulyana)