Wakil Rektor III UIN SGD Lepas 151 Kontingen Pionir IX

oleh -481 Dilihat
Share

BANDUNG, DIDIKPOS.COM – Wakil Rektor III Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung, Prof. Dr. H. Muhtar Solihin, M. Ag. melepas 151 peserta kontingen Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (Pionir) IX Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKIN) se-Indonesia, di Kampus I UIN SGD, Selasa (9/7/2019).

Para peserta yang terdiri dari 108 atlet, 43 official, pelatih, dan pendamping akan mengikuti kompetisi Pionir mulai 15 sampai 21 Juli 2019 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Pionir merupakan ajang kompetisi keilmuan, olahraga, seni, dan riset tingkat nasional bagi mahasiswa PTKIN yang diselenggarakan 2 tahun sekali. Kegiatan ini untuk mencari mahasiswa unggul, baik dalam prestasi akademik maupun keolahragaan dan seni.

“Di samping itu untuk memperkuat silaturahmi antar-PTKIN di lingkungan Kementerian Agama,” kata Muhtar.

Dia menjelaskan, kegiatan yang diperlombakan dan dipertandingkan pada Pionir itu yakni bidang ilmiah, olahraga, seni, dan riset. Untuk bidang ilmiah meliputi debat bahasa Arab, debat bahasa Inggris, musabaqah makalah Qur’ani (MMQ), dan musabaqah qiraatul kutub (MQK).

Cabang olahraga meliputi futsal, volley ball, tenis meja, bulu tangkis, catur, panjat dinding, takraw, pencak silat, basket, dan karate.

Bidang seni meliputi musabaqah tilawatil Quran (MTQ), musabaqah hifdzil Quran (MHQ), musabaqah syarhil Quran (MSQ), kaligrafi, pop solo islami, desain dan peragaan busana muslim, puitisasi Alquran, dan marawis. Bidang riset meliputi karya tulis dan karya inovatif mahasiswa.

“Mari kita tanamkan sikap kepercayaan pada diri sendiri sebagai sumber untuk meraih kesuksesan di acara Pionir. Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivfitas yang ditandai siap menang dan siap kalah. Semuanya harus mengedepankan akhlak karimah dalam bertanding di arena laga,” tegasnya.

Muhtar  menargetkan pada Pionir kali ini UIN SGD Bandung keluar sebagai juara umum.

“Sudah saatnya tuan rumah tidak menjadi juara umum. Saya yakin, percaya UIN SGD Bandung bisa dan mampu meraih juara dengan bermodalkan 30 cabang mata lomba yang diikuti.  Oleh karena itu di Malang nanti kami optimistis akan keluar sebagai juara,” tegasnya.

Rencananya,  pemberangkatan kontingen UIN SGD Bandung ke acara Pionir IX di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini menggunakan bus pariwisata pada Sabtu (13/7/2019) malam pukul 19.00 WIB. (dede suherlan)***

No More Posts Available.

No more pages to load.