Webinar di Unpad, Prof. Mikihiro Moriyama: Bangga pada Diri Sendiri Itu Penting

oleh -122 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Akademisi dari Nanzan University, Jepang, Prof. Dr. Mikihiro Moriyama, menegaskan pentingnya rasa percaya diri yang tinggi terhadap apa yang dimiliki negara sendiri.

“Kalau tidak ada kebanggaan pada diri sendiri, budaya, dan bahasa sendiri, saya kira tidak bisa go global. Menjunjung bahasa dan budaya lokal dapat berperan bagi institusi dalam berkiprah di kancah internasional,” ujar Mikihiro, saat menjadi pembicara kunci dalam seminar daring “From West Java to the World: Strategi Percepatan Internasionalisasi Unpad Menuju World Class University”, Kamis (27/8/3030).

Menurut Prof. Mikihiro, Indonesia memiliki banyak kekuatan budaya lokal yang dapat dibanggakan masyarakatnya. Di antaranya adalah keberagaman bahasa dan budaya. Bagi Unpad, menjunjung bahasa dan budaya Sunda juga menjadi kunci penting dalam meningkatkan kiprahnya.

Akademisi Jepang yang fasih berbahasa Indonesia dan Sunda ini juga menganjurkan untuk memiliki kemampuan banyak bahasa. Selain dapat memperluas perspektif dan pengetahuan, kemampuan banyak bahasa juga dapat menjadi kekuatan untuk beraksi di tingkat dunia. Meski demikian, bahasa ibu tetap yang utama.

Selain itu, Mikihiro menuturkan, perguruan tinggi perlu terus meningkatkan kontribusi akademisnya. Produk penelitian pun menjadi sangat penting.

“Harus pikirkan kontribusi untuk dunia dan masyarakat dunia,” ujarnya.

Dalam kegiatan yang digelar dalam rangka Dies Natalis ke-63 Unpad, juga tampil Prof. Dr. Alfons Oude Lansink dari Wageningen University Belanda, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prof. Yudi Azis, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Yuyu Yohana Risagarniwa. Ph.D., Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Dr. Nina Djustiana, dan Dekan Fakultas Teknik Geologi Dr. Vijaya Isnaniawardhani. Webinar dimoderatori Kepala Kantor Internasional Unpad Ronny Lesmana, Ph.D.. (des)***

No More Posts Available.

No more pages to load.