Expression Differance 1.0, Ekspresi Mahasiswa Prodi FTV FPSD UPI di Tengah Pandemi

oleh -889 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Bagi mahasiswa Program Studi (Prodi) Film & Televisi, Fakultas Pendidikan Seni dan Desain, Universitas Pendidikan Indonesia (FTV FPSD UPI), pandemi Covid-19 tak menghalangi mereka untuk berekspresi. Melalui teknologi masa kini ekspresi itu tetap dapat diwujudkan dalam bentuk pameran virtual.

Pameran virtual bertajuk Expression Differance 1.0 yang diselenggarakan oleh Prodi FTV FPSD ini dibuka pada tanggal 20 Maret 2021. Dalam pameran ini, dipamerkan hasil karya mahasiswa FTV dari 2 mata kuliah yaitu, Dasar-dasar Fotografi untuk Angkatan 2020 dan Studio Film Fiksi untuk Angkatan 2019.

Karya-karya yang dipamerkan berjumlah 500 foto dan 15 film. Lalu, dikurasi menjadi 104 foto dan 4 film fiksi yang mewakili angkatannya dan sebuah film dokumentasi pagelaran Dramaturgi KOKAKI 2.

Perhelatan dilakukan secara virtual melalui website resmi FTV UPI di www.ftv.upi.edu, dan melalui online venue Kunsmatrix.

Dekan FPSD Dr. Zakaria S. Soeteja, M.Sn., mengapresiasi digelarnya kegiatan itu.

“Pameran virtual yang menghadirkan karya dengan memiliki pembahasan yang sangat beragam,” katanya

Ketua Prodi FTV, Dr. Hery Supiarza, M.Pd., menuturkan, acara ini diinisiasikan untuk menampilkan karya mahasiswa agar bisa diapresiasi secara luas.

“Ini menambah pengalaman secara empirik untuk mahasiswa dalam hal kerja sama secara tim,” ujarnya.

Director Exhibiton Expdiff 1.0, Shelvira Alyya Putri Anjani, mengatakan, pameran yang memiliki tajuk Expression Differance menjadi highlight utama dalam rangkaian acara ini.

Keberagaman pemaknaan sebagai bentuk pengekspresian yang luas dan secara bebas, lanjutnya, diinterpretasikan oleh audiens yang ikut mengapresiasi pameran ini.

“Pameran ini memiliki beberapa sub-tema di antaranya Identitas, Abstract, Horror, Tradisional, Kota, History, dan Vintage,” kata mahasiswa Prodi FTV FPSD ini.

Webminar

Menurut Shelvira, selain pameran, terdapat rangkaian acara lain yaitu webminar serta perlombaan foto dan film untuk kalangan SMA/SMK sederajat yang diselenggarakan pada 25 Maret 2021.

“Webminar ini diharapkan bisa mengenalkan culture FTV UPI dalam membuat rangkaian acara mahasiswa, dengan pembicara tamu yaitu Dwi Oblo (Profesional Photographer, contributor for Reuters & National Geographic Traveler) dan Deden M. Sahid (Documentary Director),” sebutnya.

Dituturkannya, untuk perlombaan foto dan video yang diikuti siswa SMA/SMK sederajat bertujuan untuk mengajak peserta agar produktif berkarya. Selain itu membantu calon mahasiswa yang ingin bergabung di Program Studi FTV UPI ataupun jurusan lain dalam bidang seni.

“Seluruh rangkaian acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 10 April hingga 10 April 2021,” terangnya. (des)***

No More Posts Available.

No more pages to load.