Prodi Kimia UIN Bandung Raih Akreditasi A dari BAN PT

Share

DIDIKPOS.COM – Program Studi (Prodi) Kimia Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati Bandung berhasil meraih akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan Surat Keputusan Nomor : 6881/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2020, tertanggal 3 November 2020.

Sebelumnya Prodi Kimia terakreditasi B dengan nomor SK BAN PT No. 1262/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2015, tertanggal 29 Desember 2015.

Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., mengatakan, pencapaian akreditasi unggul dari BANPT ini menjadi tantangan, modal bersama, dan harapan bagi UIN Bandung untuk terus meningkatkan mutu proses dan lulusan.

“Insyaallah ini menjadi motivasi untuk terus berikhtiar mewujudkan marwah kampus yang unggul, kompetitif, dan berakhlak karimah menuju World Class University (WCU),” ungkap Mahmud, di Kampus I Jln. A.H. Nasution 105 Bandung, Rabu (4/11/2020).

Menurutnya, asesmen lapangan daring untuk Prodi Kimia telah dilaksanakan pada Senin-Selasa, tanggal 26-27 Oktober 2020. Dua asesmen yang hadir dalam asesmen ini yaitu Prof. Dr. Jasril, MS. (Universitas Riau) dan Dr. Muhammad Agus Wibowo, M.Si (Universitas Tanjungpura)

Menurut Mahmud, raihan akreditasi A merupakan hasil kerja sama dan sama-sama bekerja dari civitas akademika UIN Bandung, terutama tim Prodi Kimia, mahasiswa, alumni, para pengguna lulusan dan semua stakeholder.

“Raihan ini diharapkan dapat memberikan semangat baru untuk terus berusaha, berikhtiar dalam rangka menyiapkan ahli kimia, analis laboratorium, quality control, quality assurance, peneliti di perusahaan obat yang profesional, berdedikasi tinggi, dan berakhlak karimah,” jelasnya.

Dekan FST, Dr. Hasniah Aliah, M.Si. mengucapkan terima kasih kepada Rektor, Wakil Rektor, Ketua LPM, LP2M, Laboratorium Terpadu, Unit Penjaminan Mutu, Pusat Bahasa, Pusat Karier, Tim UPPS, Tim Borang, Perpustakaan, PTIPD, Ma’had Ali, Poliklinik, Tim TU Fakultas, OB dll atas capaian prestasi akreditasi nilai A ini.

“Mudah-mudahan menjadi berkah bagi seluruh civitas akademika UIN Sunan Gunung Djati Bandung, khususnya bagi mahasiswa dan alumni Fakultas Sains dan Teknologi agar terus meningkat mutu pendidikan Islam dan mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lain,” ujar Hasniah. (des)***