Dies Natalis Unpad ke-63, Jokowi: Jangan Terjebak Rutinitas; Saatnya Riset Digital

oleh -391 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sambutan pada Dies Natalis Unpad ke-63. Dalam acara yang digelar secara virtual itu Jokowi mendorong agar riset digital dan teknologi menjadi prioritas universitas.

“Kita tidak boleh terjebak dalam rutinitas harian, tetapi harus punya waktu lakukan perubahan. Terus inovasi dan kembangkan teknologi,” kata Jokowi saat memberi sambutan pada Dies Natalis Unpad, Jumat (11/9/2020).

Jokowi mengapresiasi seluruh sivitas akademika Unpad, di usianya ke 63 tahun, telah banyak memberikan kontribusi dan melahirkan banyak tokoh hebat yang berkontribusi bagi negara.

“Ada tokoh Iwa Soematri menjadi menteri di kabinet Presiden Soekarno dan Muhtar Kusumaatmaja, menjadi menlu yang banyak disegani negara. Kehebatan para senior harus memberi inspirasi untuk masa depan kita. Di mana kita harus meluaskan pandangan dan beradaptasi dengan cepat, agar Indonesia bisa unggul dan bersaing,” beber dia.

Dikatakannya, saat ini, Indonesia dan 215 negara di dunia sedang menghadapi tantangan berat, masalah kesehatan dan ekonomi yang cukup rumit. Tidak ada negara yang siap dan punya kesiapan memadai. Masalah ekstra ordinary ini mesti dihadapi dengan solusi yang extra ordinary.

“Mindset, cara kerja harus berubah. Standar keseharian juga harus berubah. Jaga jarak, pakai masker, menggunakan faceshield, dan kuliah dari rumah. Dosen yang baik yang adalah yang fasilitasi mahasiswanya belajar di mana saja,” terangnya.

Jokowi menambahkan, perguruan tinggi yang baik adalah yang menerapkan merdeka belajar. Termasuk membuat program prioritas belajar, memenuhi infrastruktur, anggaran, dan SOP belajar harus dirumuskan.

“Termasuk soal penelitian dan pengabdian mesti dirumuskan dengan baik. Unpad punya potensi besar untuk menghasilkan banyak inovasi riset untuk teknologi dan hadirkan SDM unggul,” pungkasnya. (des)***

No More Posts Available.

No more pages to load.